01 April 2009

Athena | Ibu Kota dari Dunia Kuno

Athena, Ibu kota Yunani, adalah kota mempesona yang kaya akan sejarah dan kebudayaan. Dari banyak peperangan dan pemerintahan oleh kekaisaran yang berbeda, arsitektus, tata ota, artifak dan relik negeri ini membentuk gambaran raksasa dari sejarah besar masa lalu. Sejak jaman Macedonia (338 SM), hingga masa pemerintahan Romawi dan terakhir, penguasaan Ottoman di tahun 1453, Athena mengalami banyak transformasi yang menyatukan esensi dari setiap era yang dilaluinya. Yunani akhirnya merdeka di tahun 1830

Pada masa kejayaannya, Athena pada abad ke-V dan ke-IV SM (Sebelum Masehi) adalah kota terpenting di dunia. Masyarakat Athena sangat maju dalam pemikiran, dan cara berpakaian. Pertemuan dan forum publik sering dilakukan, dimana ide-ide untuk mengatur pemerintahan dan kewarganegaraan tercetus dan perdebatan-perdebatan filosofis terjadi. Diantara filsuf-filsuf terkenal Yunani, terdapat Socrates, Aristoteles, dan Plato. Sejarah dan ilmu pengetahuan tumbuh bersamaan dengan kecintaan akan hiburan yang membangkitkan teater, musik dan kesenian. Kejayaan dalam bidang olah raga juga dikejar dengan berpartisipasi penuh pada Olimpiade kuno. Olimpiade modern pertama diadakan di Yunani pada tahun 1896.

Athena kini adalah kota yang riuh, padat dan berkembang sangat pesat! Walau begitu, relik peninggalan sejarah masa lalu tetap berdiri berdampingan secara harmonis dengan hutan beton kota modern. Setelah Perang Dunia I, Yunani dan Turki sepakat untuk melakukan pertukaran penduduk. Hal ini berakibat pada bertambah banyaknya penduduk Yunani. Ditambah dnegan pembangunan gedung-gedung yang dilakukan secara besar-besaran. Jalan-jalan penuh dan mobil kerap diparkir berlapis-lapis. Bagaimana pun, keindahan peninggalan arkeologi yang tersisa dari kota kuno ini masih menjadi hal utama yangmendatangkan banyak turis dan para akademisi.

Tempat-tempat Terbaik untuk Dikunjungi


Kata Acropolis diambil dari kata ‘akro’ yang berarti titik tertinggi dan ‘polis’ yang berarti kota. Acropolis dibangun sekitar abad ke-V SM dengan tiga bangunan megah dan pintu masuk yang monumental. Di Acropolis, anda akan menemukan salah satu gedung yang sangat terkenal di dunia. Dibangun sekitar abad 447 SM, Parthenon didedikasikan bagi para dewi dan tetap menjadi landmark kota sampai saat ini.

Tempat-tempat bersejarah lain yang dapat dijangkau dnegan berjalan kaki dan tidak boleh dilewatkan adalah Temple of Nike, Erechtheion dan Caryatid, Odeion dari Herodes Atticus, Teater Donysios, Roman dan Greek Agoras, Musium Arkeologi Nasional dan bagian Athena yang paling berwarna – Monastiraki.

Makanan Yunani


Yunani, dengan sejarahnya yang ternama menawarkan berbagai tradisi masakan. Bumbu-bumbu yang menginspirasikan para juru masak masa lampau masih digunakan sampai hari ini. Masakan Yunani terdiri dari bahan pokok seperti minyak zaitun, fragrant wild herbs, seafood dan daging domba, bersama dengan sayuran segar, buah dan kacang-kacangan yang disantap dengan anggur lokal. Hidangan tradisional pembuka adalah mezedes, atau makanan ringan, yang dapat dimakan dalam ouzeris, atau bar, dan anda dapat memesan sebanyak yang anda mau. Hidangan utama tediri dari daging dan seafood bakar dan dihidangkan dengan salad.

Olimpiade


Pertandingan Olimpiade kuno diadakan pertama kali pada abad 776 SM dimana pertandingan lari pria adalah satu-satunya yang dilombakan ketika itu. Gulat, tinju, balapan kuda dan pertandingan bagi para remaja pria baru ditambahkan pada abad ke-* dan ke-7 SM. Hanya orang Yunani yang diperkenankan berpartisipasi hingga Romawi mengambil alih pertandingan pada abad 146 SM. Pertandingan Olimpiade dihidupkan lagi pada tahun 1896 ketika Olimpiade modern diadakan di Athena.

0 komentar: